Sealant Pada Facade



Sealant, merupakan bagian kecil dari suatu bangunan,

meskipun merupakan bagian kecil bangunan, material ini selalu merupakan bagian penting yang harus mendapat perhatian. Pemahaman yang kurang mengenai material ini kadang dan sering membawa “Bencana Arsitektural” yang cukup hebat.


Aplikasi Sealant pada bangunan

Sealant pada bangunan biasanya mempunyai fungsi-fungsi sbb :
  • ·         Sebagai bahan pengisi “gap” atau celah diantara dua material.
  • ·         Berperan sebagai penghalang dengan memanfaatkan properti teknis material sealant tersebut dan sifatnya sebagai perekat dua material.
  • ·         Menjaga kualitas sifat teknisnya selama waktu yang diharapkan, sesuai dengan peruntukan dan kondisi lingkungan material tersebut.

Aplikasi sealant pada facade bangunan, mempunyai beberapa peran yang menuntut penggunaan jenis sealant yang berbeda. Sealant untuk keperluan  structural, weatherseal, atau fire rated material mempunyai properti teknik yang berbeda. Pemilihan penggunaan jenis sealant sangat penting untuk menghindari kegagalan performa bangunan yang dirancang.

Beberapa contoh kegagalan performa bangunan yang disebabkan oleh kesalahan dalam pemilihan, pemakaian dan aplikasinya di lapangan sering dan sangat umum kita temui diantaranya adalah :

Bleeding : Gedung yang telah dirancang dengan indah, tampil mengesankan tiba-tiba 6 bulan kemudian menjadi kusam dan belepotan. Saat ini banyak perusahaan-perusahaan besar sekelas Astra, Bank Mega, Bank Jabar membuka kantor-kantor cabang  dengan desain arsitektural gedung yang sangat representative. Biasanya kantor cabang ini menyewa ruko dan direnovasi “ditempeli topeng” facade berupa dinding cladding composite panel dan curtain wall kaca. Di beberapa tempat saya perhatikan desain arsitektural yang bagus tidak didukung dengan pemahaman detil material. Salah satu kasus adalah sealant yang digunakan menyebabkan “bleeding”.

Bercak yang timbul pada material facade akibat unsur minyak dari material sealant


Bocor : Detil penyelesaian yang salah atau aplikasi pemilihan material yang salah juga sering menyebabkan kerugian jangka panjang yang jauh lebih besar dibandingkan “keuntungan” yang didapat dari menghemat harga material, tetapi mendapatkan kualitas yang tidak memenuhi spesifikasi. Kebocoran air pada gedung sering terjadi karena aplikasi material detail seperti sealant tidak diperhatikan dengan benar.

Sealant,
Untuk mempelajari dasar-dasar aplikasi sealant untuk facade bangunan tempat terbaik adalah dari manufacturer yang telah puluhan tahun mempunyai produk untuk keperluan ini. Dua produk yang secara lengkap memberikan Know How baik secara teknis maupun praktek lapangan adalah di GE Silicon dan Dow Corning.

GE Silicon : Mempunyai informasi lengkap mengenai produk, Teknis perhitungan kekuatan, dan tips tips dari studi kasus bangunan yang telah di tangani. Di Indonesia GESilicon di ageni oleh kelompok bisnis IKA group


Dow Corning : di situs resminya memberikan data lengkap mengenai produk, aplikasi dan contoh contoh kasus. Di Indonesia Dow Corning  di Indonesia di pegang oleh Batara SuryaSemesta.

Masih banyak merek merek sealant lain yang juga menyediakan data data secara lengkap di web site mereka.

Untuk didiskusikan adalah, sejauh mana pengetahuan yang sangat detil ini tersampaikan ke pihak pemilik, perencana, pelaksana dan pengelola gedung? 


Sumber :

Gambar utama dari : http://www.weiyaoglass.com/

http://www.siliconeforbuilding.com/
Sealant Pada Facade Sealant Pada Facade Reviewed by Fibra Reelianto on 8:16 AM Rating: 5

No comments: