Facade Engineering


Facade Engineering
Merupakan seni pemecahan masalah yang berkaitan dengan masalah-masalah lingkungan, struktural, untuk mendapatkan lingkungan binaan layak huni dengan menciptakan pembungkus bangunan.
Bidang ini membutuhkan  pemahaman lintas disiplin dalam proses menghadirkan facade bangunan melalui tahapan perancangan, pengadaan, pemasangan, dan pengujian. Untuk menghasilkan fasad bangunan yang mempunyai tingkat efisiensi energi yang tinggi dan mampu menghadirkan ruang hunian yang nyaman bagi penghuni diperlukan pendekatan yang menyeluruh dan disiplin ilmu ini disebut facade enginering.

Apa yang dilakukan seorang Facade Engineer?
Facade Engineer akan memberikan masukan dan rekomendasi kepada Arsitek, Owner dan pihak-pihak yang terkait dengan proses pembuatan fasad bangunan. Beberapa aspek utama yang harus dipertimbangkan antara lain :

  • Integritas struktural
  • Interaksi elemen fasad dengan elemen struktur utama bangunan
  • Kebocoran udara
  • Kebocoran air
  • Fasad sebagai filter akuistik
  • Ketahanan terhadap gempa
Dengan memberikan masukan dan rekomendasi dari berbagai lintas disiplin ilmu, diharapkan akan dihasilkan fasad bangunan yang berhasil menghadirkan ruang hunian yang nyaman dan memenuhi kriteria biaya, waktu pemasangan.

Facade Consultant
Untuk memberikan gambaran lebih jelas mengenai peran facade engineer dalam proses, perencanaan, konstruksi dan pemeliharan bangunan ( khususnya bangunan tinggi) dapat dilihat beberapa facade consultant seperti  Wintech, Meinhardt Facade, atau ARUP konsultan kelas dunia ini mempunyai devisi konsultan fasad yang menawarkan konsultansi kepada pihak arsitek, owner, fabrikator ataupun kontraktor fasad.
Dengan mempelajari apa keahlian, tipe konsultansi dan referensi proyek yang telah dikerjakan bisa memberikan gambaran jelas mengenai facade engineering dan apa yang dilakukan oleh seorang facade engineer.




Facade Engineering Facade Engineering Reviewed by Fibra Reelianto on 2:55 AM Rating: 5

No comments: