Perbandingan Curtain Wall dan Window Wall


Dalam memahami penyelesaian kulit bangunan (facade) seorang arsitek dihadapkan banyak sekali pilihan. Dua pilihan yang banyak ditemui adalah dengan sistem Curtain Wall atau Window wall, Sebelum lebih jauh membandingkannya dari aspek aspek lain, kita lihat ilustrasi di bawah yang mencoba membandingkan bagaimana dua sistem ini terpasang pada komponen struktural gedung.


Dari Ilustrasi di atas, beberapa hal yang dapat disimpulkan dari dua sistem ini adalah sebagai berikut :
Curtain Wall 
1.     Mempunyai prinsip sebagai tirai, seperti namanya curtain wall. seperti tirai, terhubung dengan struktur bangunan di gantung, di depan struktur bangunan.
2.    Material yang digunakan pada umumnya aluminium, kaca, composite panel dan komponen solid lain.(Stone cladding, Preforated metal dll)
3.    Menerus secara struktural, batang batang struktural tegak yang disebut Mullion, disambung dengan joint sleaves. Menjadi struktur utama dalam menyalurkan beban yang terjadi di dalam sistem ini.
4.    Terhubung dengan struktur dengan menggunakan sistem bracket.

Window Wall
1.     Mempunyai prinsip sebagai bingkai, sistem ini menjadi komponen dari sistem dinding luar seperti RC, dinding bata, dan berfungsi menjadi bidang bukaan pada sistem dinding luar yang bersifat non transparan.
2.    Material yang digunakan dapat bervariasi, bisa berupa kayu, uPVC, Aluminium, Besi, atau material hybrid seperti Aluminium+uPVC, Aluminium + Kayu, dll.
3.    Secara struktural terpisah lantai perlantai.
4.    Terhubung dengan struktur atau bidang bukaan dinding dengan system anchor dengan banyak pilihan detail : Sistem las, Plastic Anchor, Belt Anchor, Expansion bolt dll)
Demikian uraian pengantar mengenai perbedaan antara Curtain Wall dan Window Wall. Pertimbangan mengenai kelebihan dan kekurangan masing masing sistem akan dibahas di artikel mendatang.

Perbandingan Curtain Wall dan Window Wall Perbandingan Curtain Wall dan Window Wall Reviewed by Fibra Reelianto on 5:56 AM Rating: 5

No comments: