Bitexco Finacial Tower


Pendekatan Perancangan
Dengan pendekatan bentuk sebuah bunga lotus, yang merupakan simbol nasional vietnam diterjemahkan oleh arsitek Carlos Zapata menjadi bentuk monumental yang lebih dari sekedar struktur baja, aluminium dan kaca. Merupakan simbol dari kemajuan ekonomi, energi dan kekayaan budaya Vietnam, seperti yang di jelaskan langsung Chairman Bitexco Mr. Vu Quang Hoi kepada Carlos Zapata.



Tantangan Struktural
Dengan posisi bangunan yang berjarak beberapa blok dari sungai Saigon, kondisi tapak sangat tidak menunjang tuntutan jadwal penyelesaian proyek yang sangat pendek, hal lain yang menambah kompleksitas penyelesaian adalah luas tapak. Dengan posisi di tengah kawasan pusat kota penyelesaian struktural memerlukan penangan khusus. Dari bentuk bangunan yang ramping menjulang hingga ketinggian hampir 50 lantai tim struktur mendapat kendala untuk mengantisipasi gerakan ayunan bangunan. Sistem struktur inovatif telah dikembangkan untuk mengantisipasi masalah ini.







Facade Bangunan
Seperti yang dijelaskan pada panel informasi di Sky Deck tower ini, proses pemasangan facade bangunan ini  mengandalkan sumber daya dari luar Vietnam. Tantangan utama dalam pengerjaan pencakar langit kelas dunia, Vietnam pada saat itu tidak mempunyai standard kostruksi yang mengatur pembangunan pencakar langit, untuk itu standard yang digunakan mengacu ke standard internasional.
Untuk itu bahan mentah kaca di dapatkan dari Belgia, dikirim ke Korea untuk proses optimusasi dan pemotongan untuk kemudian di kirim ke Cina dipasang pada frame aluminium Unitize Curtain Wall untuk kemudian di kirim ke Ho Chi Minh Vietnam untuk dipasang di lapangan.


Proses ini menuntut koordinasi dan persiapan engineering kelas dunia, dimana Meinhardt Facade technologi terlibat sebagai Facade Engineering Consultant dan EAGON (Korea) bertindak sebagai sub kontraktor pekerjaan facade.


Tim Proyek

Architect 
Mr Carlos Zapata 
Carlos Zapata Studio 
United States of America 

Architect of Record 
Mr Alan Murray 
AREP 
France

Main Contractor 
Hyundai E&C 
Korea South 
 
Curtain Wall & Façade Contractor 
EAGON 
Korea South

Facade Consultant
Meinhardt Facade Engineering

Project Manager 
Turner International 
United States of America 

Structural Engineer  
LERA 
United States of America 

Sorotan

Hal yang perlu dipelajari lebih lanjut adalah, detil rancangan dinding facade bangunan ini yang terdiri dari 6.000 unit panel Unitize curtain wall, yang dikerjakan secara lintas disiplin, dengan jadwal yang ketat, dan bagaimana tim multinasional tersebut saling berkolaborasi untuk melaksanakan program yang telah direncanakan. Di sinilah disiplin ilmu Facade Engineering diperlukan.




 Download Article dari LERA

Link Referensi :

Bitexco Finacial Tower Bitexco Finacial Tower Reviewed by Fibra Reelianto on 11:26 AM Rating: 5

No comments: