Twin Tower- Menara Petronas


Petronas Twin Tower Salah satu Iconic Building yang sukses
menjadi misi sebagai simbol suatu kota bahkan negara, sejajar dengan Menara Eiffel bagi Paris, Big Bang bagi London, Empire State Building bagi New York.

Skyline Kuala Lumpur (Sumber : Wikipedia)

Di rancang oleh arsitek kenamaan César Pelli dan bertahan sebagai bangunan tertinggi di dunia dari 
tahun 1998 hingga 2004 sebelum dikalah kan oleh Taipei 101. Bukan hanya ketinggian bangunan yang membuatnya "Iconic"


Struktur Bangunan 
Pondasi dibangun sampai kedalaman 30 meter, dengan ketinggian 88 lantai dan tiap tiap tower mempunyai ketinggian 452   M diatas level pedestrian. Seperti yang diterangkan pada web site resmi  petronastwintower struktur bangunan ini telah menghabiskan 32.550 T atau 13.220 M kubik reinforced Concrete untuk pondasinya dan 160.000 Meter Kubik reinforced concrete untuk struktur menara dan menghabiskan 36.910 T baja.
                                                                                                 

Facade Gedung
Pola facade yang unik yang dikembangkan dari simbol yang banyak ditemui di budaya Islam Rub el Hizb simbol ini untuk mencerminkan budaya Islam Malaysia seluruh 88 lantai ditopang oleh reinforced concrete dan dibungkus dengan Stainless Steel Facade yang membentuk pola berlian yang merupakan bentuk ilusi dari matahari menghabiskan 85.500 M2 ekstrusi stainless steel yang dikombinasikan dengan 33.000 panel cladding curtain wall di sisi dalam, yang membentuk 55.000 meter persegi kaca 20.38 mm laminated untuk mengurangi efek UV yang merugikan.





Link Referensi

Twin Tower- Menara Petronas Twin Tower- Menara Petronas Reviewed by Fibra Reelianto on 5:17 AM Rating: 5

1 comment:

ladieslens said...
This comment has been removed by the author.