Kaca Temepered, Heat Strengthen dan Heat Soak Test


Dalam spesifikasi proyek untuk kaca arsitektural, sering ditemukan 3 istilah dalam judul di atas.  
Ketiga istilah ini masih sering membingungkan dan tertukar, kadang di spesifikasi disyaratkan heat soak test, tetapi oleh kontraktor fasad yang ditawarkan adalah kaca heat strengthen. 
Banyak yang masih bingung dengan pemahaman ke tiga istilah ini. Untuk itu mari kita bahas satu persatu istilah tersebut.

Kaca Tempered

Kaca yang melalui proses tempered adalah kaca yang diproses menggunakan pemanasan atau tambahan zat kimia yang dikontrol untuk menghasilkan kaca dengan kekuatan lebih tinggi. Kaca tempered termasuk dalam kategori Safety Glass. Proses pemanasan menyebabkan bagian luar permukaan kaca mengalami tekanan, sedangkan bagian dalam kaca mengalami gaya tarik, hal ini akan menyebabkan kaca pecah dalam kepingan kecil kecil ketika terjadi kaca pecah, sehingga tidak membahayakan. Kaca temepered bisa mempunyai kekuatan empat kali dibanding kaca annealed biasa.

Kaca dengan Proses Heat Strengthen

Kaca yang melalui proses sama dengan kaca temtered tetapi dengan proses pendinginan yang lebih lama, dan perlahan, sehingga menghasilkan proses kompresi lebih rendah, dan pada akhirnya produk yang mengalami proses heat strengthen mempunyai kekuatan dua kali lebih kuat dari pada kaca annealed biasa.

Dalam standar industri baik kaca tempered maupun kaca heat strengthen diatur di ASTM C1048

Heat Soak Test

Heat Soak test sendiri bukanlah proses pada kaca seperti tempered atau heat strengthen di atas. Heat soak test adalah prosedur pengujian yang dilakukan terhadap kaca tempered. Kaca tempered mempunyai potensi dan kecenderungan untuk pecah secara spontan tanpa penyebab dari luar. Hal ini disebut dengan istilah Spontaneus Breakage. faktor utama penyebab hal ini adalah adanya unsur kimia nikel sulfida.

Untuk mengurangi atau menghindari resiko ini maka kaca tempered yang telah diproduksi akan menjalani proses pengujian Heat Soak Test, yang diatur  pada BS EN 14179-2016 Kaca tempered akan dimasukkan ke mesin oven pemanas dalam suhu 300 derajat celcius selama dua jam. Di pengujian ini kaca tempered yang punya potensi untuk mengalami spontaneus breakage akan pecah.

Salah satu supplier kaca yang mempunyai fasilitas heat soak test adalah Maruni Glass


Demikian penjelasan singkat mengenai perbedaan antara Kaca Tempered, Heat Strengthen Glass, dan Heat Soak Test.



Sumber :






https://www.onedayglass.com/annealed-vs-tempered-glass-difference/
Kaca Temepered, Heat Strengthen dan Heat Soak Test Kaca Temepered, Heat Strengthen  dan Heat Soak Test Reviewed by Fibra Reelianto on 9:22 PM Rating: 5

3 comments:

Giri said...

mantap!

rajkumarias said...

Integrated Assessment Services in Malaysia having association with EAS pvt. Ltd. Offers Lead Auditor training course for Food Safety Management System – ISO 22000:2018. Looking for ISO 22000 Lead Auditor Course in Malaysia. We are providing Classroom and Online Training for FSMS Lead Auditor Course in Malaysia. Call +60 19-399 9853

Zara said...

Vacuum Home Lifts
Vacuum Lifts in Malaysia
vacuum home lift in Malaysia
vacuum elevator Malaysia
top lift companies in Malaysia
elevators company in Malaysia
World's best home lifts
world best home elevators in Malaysia
world best home elevators in kuala lumpur
Vacuum Home Lifts